Rabu, 16 Maret 2011

Tugas pertekom pertemuan 2

Xenia Heptapami Susetyo
0871503090
AB


1. Apa kemajuan penting dalam teknologi komunikasi yang telah terjadi sejak tahun 1980?

Awal tahun 1980, merupakan awal dari kemajuan Teknologi komunikasi yang terjadi, dimana dunia mulai diperkenalkan dengan teknologi yang memiliki basis tertentu di bidang networking seperti komputer dengan software dan hardware yang diciptakan secara rinci dengan rekayasa genetik dan bioteknologi, komputer dan mikro teknik sebagai teknologi intinya. Pada masa ini mulai muncul pengertian akan teknologi yang dianggap canggih dan jaringan komunikasi elektronik menjadi hal yang penting untuk peradaban manusia. Pada saat itu mulai muncul teknik-teknik pengumpulan data yang dilakukan melaui jaringan. Dimana manusia bisa saling bertukar pesan dan informasi melalui media elektronik.


2. Menurut pendapat Anda, apa perubahan yang telah terjadi dalam teknologi komunikasi yang layak disebut "revolusioner"?
Menurut saya, perubahan yang telah terjadi dalam teknologi komunikasi dan yang layak disebut sebagai revolusioner adalah ketika kita sebagai umat manusia bisa dengan mudah mengakses informasi-informasi dan pesan-pesan yang ada hanya dengan sebuah teknologi canggih yang dirancang untuk mempermudah transaksi tersebut. Hal ini bisa dibuktikan dengan pengaruh internet terhadap budaya dan gaya hidup (lifestyle) umat manusia. Dengan adanya perubahan teknologi yang mempengaruhi lifestyle dan gaya hidup umat manusia, membuat segala sesuatu berubah memasuki modernisasi yang canggih.


3. Apakah anda setuju dengan "Pedoman Trendspotter untuk dunia komunikasi baru"? Yang mana yang anda tidak setuju dan mengapa?

Ya, saya setuju pada beberapa Pedoman trendspotter yang dikemukakan diatas. Namun ada pedoman yang pada kenyataannya justru disalah artikan oleh sebagian orang. Seperti untuk pedoman yang berbunyi Global Peace / Perdamaian Global. Mengapa? Karena menurut saya dari trend yang ada saat ini cenderung menuju kepada kebebasan yang tidak terbatas. Hal ini menjadikan banyak yang menyalah gunakan kemajuan teknologi yang ada dengan saling menghujat antar Negara dalam media teknologi modern. Hal ini menjadi salah satu contoh kebebasan tanpa batas media networking dan menjadi salah satu hal yang sering terjadi pada saat ini dan Justru mengundang perpecahan antar bangsa dan Negara.


4. Setujukah kamu bahwa e-commerce, yang telah mengambil dunia bisnis dengan badai, "perkembangan yang sama sekali tidak terduga,"? Jelaskan!
Ya, menurut saya perkembangan e-commerce memang sama sekali tidak terduga. Dimana banyaknya orang yang mulai berbisnis dengan jaringan komunikasi yang tidak berbatas. Contohnya seperti bisnis produk Online, dalam hal ini bisnis yang dilakukan dalam network internet tidak memiliki batas wilayah dan waktu. Karena seperti kita ketahui bahwa seluruh dunia bisa mengakses internet dengan mudah maka secara tidak langsung, ekspektasi dari para e-commerce sudah mencakup lingkup Global yang tidak berbatas.


5. Dalam hal apa dampak dari revolusi informasi serupa dengan revolusi industri di (akhir abad kedelapan belas dan awal abad kesembilan belas)?

Dampak dari revolusi informasi yang serupa dengan revolusi industri adalah dalam hal kekuasaan. Dimana pada saat revolusi industri, para pemilik sebuah industri atau pemegang saham terbesar adalah mereka yang secara tidak langsung menguasai dunia. Dimana mereka bisa mendapatkan apa mereka inginkan dengan mudah dikarenakan kekuasaan yang mereka punya.
Jika dalam revolusi informasi, yang  menjadi “para penguasa dunia” adalah mereka yang mengerti informasi, yang selalu meng-update pada setiap informasi-informasi terbaru. Dengan itu, mereka akan selangkah lebih maju dibandingkan dengan mereka yang hanya menyerap sedikit informasi. Dalam hal ini dapat dicontohkan dengan seseorang yang menguasai dunia maya dimana tidak ada lagi batas tempat dan waktu (tidak terbatas dalam menyerap suatu informasi).


6. Apa implikasi dari jangkauan global Internet,  yang berbasis e-commerce?

E-commerce adalah suatu proses perdagangan elektronik dimana para produsen/penjual tidak harus bertatapan langsung dengan konsumen/pembeli dalam menjalani suatu proses transaksi. Karena ini adalah suatu proses yang berbasis internet, maka tidak ada hal yang membatasi, seperti halnya jarak dan waktu.
Jangkauan global internet sangat berpengaruh terhadap proses e-commerce, karena dengan adanya jangkauan global itulah, maka suatu proses transaksi dapat berlangsung dengan mudahnya tanpa harus mengorbankan banyak waktu dan tenaga. Dengan adanya jangkauan global internet inilah maka suatu perdagangan elektronik dapat terbentuk.


7. Apa prediksi anda tentang masa depan media yang menurut Anda akan terwujud dan mengapa? 

Menurut prediksi saya, di masa yang akan datang kita akan menemukan peningkatan teknologi yang semakin pesat baik dalam hal pengumpulan informasi, distribusi informasi hingga kepada penerimaanya. Dan akan terjadi juga peningkatan jaringan komunikasi dengan akses-akses modern yang Dilakukan secara mudah namun berdampak besar bagi peradaban dunia. Contohnya akses internet. Sesuatu yang simple namun sangat luas. Menurut pedoman trendspotter disebut dalam More Minnows, More Giants / Lebih Kecil, Lebih meraksasa dan Tidak berbatas dalam Globalisasi.


8. Apa prediksi lainnya yang dapat dilakukan pada media landscape? Bagaimana Anda bisa yakin? 

Selain dengan meningkatnya tingkat teknologi yang akan terjadi dimasa yang akan datang mengenai media landscape, Menurut saya, dimasa yang akan datang akan bermunculan media-media yang hadir dengan menawarkan teknologi semakin meningkat. Mungkin pada masa yang akan datang kita sudah tidak akan menemukan Koran yang berupa harian surat kabar secara fisik (kertas) kita hanya akan mendapatkan berita melakui media online. Hal ini Bisa dilihat dari sudah mulai dilakukan oleh beberapa media yang ada. Di Indonesia sendiri pun Media online sudah mulai banyak ditemui bahkan lebih cepat dan mudah didapat daripada harian surat kabar Fisik. Karena sevara teknis informasi-informasi yang terdapat dari media online (internet) diupdate dalam hitungan menit dan detik (lebih cepat) berbeda dengan harian surat kabar fisik (Koran kertas) yang hanya terbit dalam waktu-waktu tertentu.


9. Selain mesin cetak, penemuan komunikasi apa yang menurut Anda telah memiliki dampak terbesar pada masyarakat, dan mengapa?

Penemuan komunikasi yang memiliki dampak terbesar adalah televisi. Karena sampai saat ini, televisi adalah media yang sangat efektif dalam proses perubahan suatu masyarakat yang sudah menjangkau 90% penduduk di negara berkembang. Tidak dapat dipungkiri, bahwa banyak orang tidak bisa lepas dari televisi. Selain sebagai bentuk hiburan, televisi juga mempunyai fungsi dalam penyebaran suatu informasi, memberikan pendidikan dan pengetahuan tanpa harus dibatasi oleh waktu dan tempat. Selain itu televisi juga dapat digunakan sebagai media promosi dimana para produsen “menghipnotis” konsumen melalui televisi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar